Minggu, 12 Januari 2014, bertempat di basecamp Mitra Baraya, Jln. Riung Arum Timur III No. 45, Riung Bandung, kali ini diadakan kegiatan jilid II pengajian rutin Mitra Baraya - Banyolan Sunda. Pada pengajian rutin yang bertempat di rumah Mang Undang Solihin ini dihadiri oleh warga Rancabanyol yang datang dari berbagai kota. Ada Teh Wina Kinanti yang sengaja datang dari Kota Bogor. Ada pula Teh Nuning Suzana yang jauh-jauh datang dari Kota Solo. Tentu saja baraya dari Bandung tidak ketinggalan turut menghadiri pengajian rutinan ini. Walaupun sejak pagi Bandung diguyur hujan namun antusiasme baraya tidak menghalangi niat untuk bersilaturahmi. Alhamdulillah, pengajian ini dihadiri juga oleh beberapa baraya yang baru bersilaturahmi secara langsung di dunia nyata, ada Kang Uus Sundawan, Ki Reumis, Teh Essy Achie, Teh Rosita Rynaldi, dll. Sementara untuk penceramahnya masih sama dengan pengajian sebelumnya yaitu Ustadz Hadad Hasby (Lebe Rancabanyol).
Pengajian selesai ketika adzan dzuhur berkumandang. Setelah makan siang dan melaksanakan shalat dzuhur, acara kemudian dilanjutkan dengan membahas agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Mitra Baraya. Segmen pertama diisi dengan sosialisasi mengenai program event Sunda Binangkit yang akan dilaksanakan pada awal Februari 2014. Dalam diskusi ini dibahas langsung mengenai persiapan kegiatan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan kegiatan. Acara ini merupakan program pemberdayaan yang diisi dengan pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di mana nantinya akan ada stand-stand produk dari anggota Mitra Baraya. Juga akan ada pagelaran seni Sunda dan ajang bakti sosial Mitra Baraya.
Segmen terakhir yang dibahas adalah mengenai pemberdayaan anggota Mitra Baraya dalam membentuk jaringan usaha. Kali ini dari kaum ibu-ibu yang terlihat sudah membentuk jaringan sendiri dalam mempromosikan dan menjual produk dengan sistem silaturahmi. Di sini, konsep trisula marketing terlihat mulai dijalankan oleh mereka. Di mana ada bagian penyedia produk, tim pemasaran, sekaligus juga permodalan. Upaya penyebaran penjualan produk ini nantinya tidak sekadar berbasis online shop di Facebook, BBM, atau media lainnya, tetapi juga beranjak dalam direct selling di kehidupan nyata. Tujuannya tiada lain hal ini untuk memberdayakan potensi yang ada.
Untuk mendukung upaya tersebut, Mitra Baraya akan memfasilitasi dengan adanya pelatihan yang mendukung usaha ini, antara lain dengan pelatihan pengembangan online shop (tutorial membuat webs/blog, pemanfaatan smartphones, dll). Pelatihan lain yang akan dilaksanakan mengenai sistem marketing dengan cara saling berbagi ilmu antara mereka yang sudah lama terjun dalam dunia usaha juga kerja sama dengan pihak lain (bank, ahli marketing, dsb.). Begitu pula ke depannya akan dikembangkan dengan adanya bantuan permodalan (pembentukan koperasi); formalitas lembaga usaha dalam satu atap; strategi promosi; kegiatan rutin pameran usaha; hingga kegiatan bakti sosial yang digarap dengan adanya pembentukan tim khusus.
Tidak ada komentar: